Senin, 25 Agustus 2014

Jimat hanya membawa petaka

Sekarang jaman modern, tapi banyak orang yang masih mengandalkan bantuan dukun dan menyimpan jimat untuk mempermudah hidup mereka.


Aneka jimat Indonesia
sumber

Saya sering baca running text iklan di TV lokal :

"Membantu urusan karier, jodoh, rejeki dan kesehatan. Hubungi Bapak xxx di no. HP xxx atau datang langsung ke alamat berikut : xxx"
Sering juga ada brosur yang dilempar ke rumah, isinya iklan klinik pengobatan alternatif. Nggak hanya mengklaim bisa menyembuhkan penyakit berat (misal kanker, kemandulan) dalam hitungan hari, klinik tersebut juga mengklaim menjual jimat untuk memudahkan urusan rejeki, pasang susuk untuk menarik jodoh dan memberi wibawa, dan sebagainya.

Ini bukti bahwa perdukunan masih laku keras di Indonesia.



Iklan semacam ini ada banyak di koran dan internet
sumber

Saya punya teman, dia pernah jatuh saat main sepakbola dan mengalami cedera di lutut. Alih-alih pergi ke dokter, dia malah berobat ke "orang pintar". Orang pintar ini sebetulnya menanamkan energi di lututnya, energi itu bisa menarik energi positif dari lingkungan sehingga lukanya bisa sembuh sendiri. Sebaliknya, energi negatif juga bisa terserap ke sana dengan mudah, makanya teman saya itu harus jaga diri.

Cederanya akan cepat sembuh jika dia rajin beribadah karena ibadah meningkatkan energi positif dan menolak yang negatif.

Sayangnya teman saya nggak memahami hal ini. Saat sudah merasa agak baikan, dia pergi dengan teman-temannya wisata misteri di Lawang Sewu. Tahu gedung Lawang Sewu? Ini icon kota Semarang, tempat angker yang terkenal di sini. Yang pernah jadi lokasi syuting "Dunia Lain" itu lho, yang pesertanya dikabarkan meninggal.



Lawang Sewu, Semarang
sumber

Pulang dari Lawang Sewu dia langsung sakit dan cedera lututnya kambuh, ternyata dia kemasukan banyak energi negatif. Nggak hanya itu, dia juga diikuti roh dari sana. Lalu teman saya ini berobat ke paranormal lainnya, teman bapaknya sendiri. Dia diberi jimat untuk melindungi diri. Tapi cedera di lututnya tetap nggak sembuh, sampai sekarang dia nggak bisa main sepakbola lagi. Hmm.. coba ditangani dokter ya, barangkali bisa sembuh total meskipun butuh waktu.



Hehehehe.. ada-ada aja
sumber

Teman saya yang lainnya adalah anak pengusaha. Suatu hari tiba-tiba dia nanya ke saya "Lintang, menurut kamu ada yang aneh nggak di aku? Aku merasa sakit tapi nggak jelas sakitnya apa. Padahal udah ke dokter lho, dokternya bilang aku nggak kenapa-napa."

Teman saya ini sering pusing dan kehabisan tenaga, padahal dia nggak mengonsumsi obat-obatan. Pakai kosmetik gajebo juga enggak, jadi nggak mungkin karena keracunan mercury hehehe.. Saya tahu itu efek "pegangan" di keluarganya, terasa sekali di auranya. Tapi saya nggak tega bertanya "Bapak kamu nyimpan jimat?"

Sejauh ini, yang saya lihat orang-orang yang menyimpan jimat hidupnya & keluarganya mengalami kesialan. Keluarga saya mengenal seorang kontraktor yang suka pakai jimat dan pesugihan supaya menang tender. Istri beliau meninggal setelah lama sakit-sakitan.


Banyak orang yang meninggalnya susah karena menyimpan jimat dan pusaka, beberapa kerabat kami mengalaminya. Barang yang dimiliki berupa keris & cincin akik yang ada "isinya". Herannya masih ada yang mau diwarisi jimat dan pusaka begituan, kalo saya sih nggak bakalan mau. Ngeri banget.


Manusia tidak bisa menggunakan jimat dengan baik, justru manusia yang digunakan olehnya. Didorong oleh keserakahan, manusia mengandalkan kuasa gelap untuk mencari kebahagiaan duniawi.



Lagu di atas dalam bahasa Old Norse, jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris beginilah artinya :
“She has been ill for a long time,
she has the exhaustion,
cannot sleep any night and was
as if she had lost reason and shape.”
Runes have been scratched therefore, it is a farmer’s son,
not far from here, he has done that,
but afterwards it was much worse than before.
Egil scratched runes and placed them under the cushion of the bed she rested on.
It was to her as if she had awoken from sleep,
and she said she was well now.
Chorus:
No man shall scratch runes
Not being able to use them well;
Many times a man is misled
by dark forces.
Ten secret runes have I seen
Scratched on smoothed out fish bone;
For the girl this has caused
sorrow for a long time.



Menurut saya, hanya Tuhan yang bisa memudahkan semua urusan dan memberikan keselamatan. 
Selain Tuhan mungkin ada kekuatan yang bisa memudahkan, tapi tidak bisa menyelamatkan dan hanya mencelakakan. Segala sesuatu yang tidak berasal dari Tuhan itu pasti nggak baik.






10 komentar:

  1. sering tu aku ngisi pulsa elektrik di counter dkt rumah, trus besoknya dpt sms iklan aneh2 trmasuk iklan pesugihan, pasang susuk, pelet pengasihan. malesin beli pulsa elektrik disono :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah sama, aku juga sering dapat iklan kayak gitu kalo ngisi pulsa. di semarang masih laris ya perdukunan hehehe..

      Hapus
  2. mbk lintang kok bahasnya jadi serem-serem gini yak -__-,, untung pas aku ke lawang sewu ngak ada yang nikutin aku pulang, haha. Tapi menurutku sereman di Bali kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku jauh lebih mending di bali, di sana roh2nya dikontrol oleh adat & ritual. di lawang sewu roh2nya liar & sebagian besar jahat. kalo nggak diikuti rohnya, kita pasti bawa pulang energi negatifnya yang bikin gampang sakit atau emosi

      Hapus
  3. Iya, jaman udah modern tapi masih banyak aja yg ngandelin yg 'kyk gini' buat penglaris atau apalah itu namanya. Kata teman saya yg pernah liat, di daerah saya (daerah yg istimewa) juga banyak rumah makan yg pasang 'jimat' atau 'pesugihan' buat penglaris. Temenku ini sebenarnya org rantau dan keturunan Dayak asli, dan bagi dia 'melihat' hal seperti itu udah kyk makanan sehari-hari. Yg bikin dia shock, nek di tempat asalnya dia yg kyk gitu berkeliaran liar, tp klo di sini dipelihara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener.. di sini makhluk halus dipekerjakan, hehehe..
      aku baru aja kunjungan ke suatu lokasi usaha, ternyata pemilik lokasi itu selain menyewa tentara untuk menjaga, juga menyewa jasa makhluk halus. gila bener deh, jinnya disana gede2 dan galak semua.

      Hapus
    2. mbak Lintang sekarang tinggal di daerah istimewakah? ato masih di semarang? klo di daerah istimewa kopdar yuk...:D

      Hapus
    3. maaf baru balas commentnya, kelupaan..
      aku sekarang di jakarta.
      waktu masih di semarang aku sering main ke jogja lho, sekarang jogja jauh sih

      Hapus
  4. Perbuatan seperti itu namanya syirik, menyekutukan Allah. Di dalam Al Quran dilarang keras, dan dosanya tidak diampuni sebelum dia bnar2 bertobat, dan jika kalau mati dalam keadaan musrik sperti itu maka neraka adalah balasannya.

    Mungkin ada benarnya kata mbak lintang, bahwa syirik tidak memberikan kebaikan kpada manusia, bahkan sebaliknya akan memberi dampak buruk pada diri manusia. Kebaikan sejati hanya berasal dari Tuhan. Semoga kita selalu berada pada perlindungan Allah. Aamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya..pokoknya kalo kita menyekutukan Tuhan nanti ujung2nya celaka..
      celakanya nggak hanya nanti di akhirat, tapi juga bisa celaka di dunia
      semoga kita semua selalu dilindungi Tuhan..amin

      Hapus