Minggu, 10 Agustus 2014

Saya termasuk goth yang mana?

Hmm.. kalo ngumpul sesama temen yang goth, seringkali saya ditanya :
"Kamu termasuk goth apa?"
Yah, maklumlah penampilan saya nggak ada ciri khas hehehe..

Jenis goth kan bermacam-macam :

Temen-temen saya adalah trad goth dan cyber goth. Salah satunya si Ribay yang sudah fix mendeklarasikan dirinya sebagai seorang cyber goth. Dia cuek aja diliatin orang-orang di jalan dengan rambutnya yang kadang di-highlight hijau neon, kadang ungu, kadang oranye dengan goggles modifikasi nangkring di kepalanya.

Saya suka genre dark electro, EBM, dan sedikit aggrotech tapi saya nggak cukup pede untuk menjadi cyber goth, hehehe... Saya juga suka musik gothic rock dan darkwave yang populer di tahun 80an seperti yang disukai para trad goth, neoclassical dan dark ambient yang kalem. Sebenarnya saya mendengarkan berbagai genre as long as it belongs to gothic subculture.

Mengapa saya mendeskripsikan dulu dari musik? Yah, memang gothic itu adalah subkultur yang ditandai dari musik, fashion, dan gaya hidup. Subkultur gothic dimulai sejak tahun 1980, band-band gothic rock bermunculan. Gothic rock adalah cabang dari genre post punk, gaya berpakaian dan makeup nya seperti punk tapi versi gelapnya. Di tahun-tahun selanjutnya musik yang didengarkan oleh goth tidak sebatas gothic rock aja, tetapi juga deathrock, darkwave, ethereal wave, dark ambient, industrial, neoclassical. Gaya berpakaiannya tidak hanya dipengaruhi oleh genre punk, tetapi juga fashion abad ke-16 (era Gothic di Eropa) dan Victorian. Wah kok saya malah jadi cerita sejarah ya? Lengkapnya baca deh di Wikipedia.

Semua goth suka hal-hal yang gelap, tapi kadarnya beda-beda. Tidak semua goth suka hal-hal seram & mistis *meskipun saya iya*. Para cyber goth yang saya kenal protes jika dibilang creepy, hehehe.. 

Melihat kebiasaan saya sejak kecil hingga sekarang, sepertinya saya cenderung ke hippie goth. Hippie goth mencintai alam, lingkungan dan hewan. Hippie goth menikmati meditasi. Mereka suka magic dan okultisme (tapi tidak selalu). Banyak hippie goth yang menganut pagan atau wicca, tapi saya bukan penganut pagan. 

Hippie goth adalah goth yang paling mistis di antara goth lainnya, meskipun secara penampilan biasa saja, nggak gahar seperti trad goth atau vampire goth. Hippie goth punya aura mistis yang terpancar secara alami. Mungkin itu yang menyebabkan orang-orang mengira saya paranormal *banyak yang nanya begitu*

Real hippie goth


Ini hippie yang memakai dark clothes

Hippie goth biasanya suka musik apa? Neofolk, dark ambient, neoclassical, ethereal. Misalnya seperti ini :

Ini orang yang nyanyi :
Ordo Funebris
Penampilannya sangat medieval seperti di Gothic era

Meskipun hippie goth, boleh dong dengerin genre yang lainnya..

Gothic rock punya trad goth

Robert Smith dari The Cure, icon di jaman itu


Bapak saya dulu dengerin band-band ini, tapi bapak saya bukan goth

Darkwave
Band yang lagu-lagunya jadi favorit saya sejak kecil meskipun saat itu saya belum kenal istilah goth

Dark electro yang disukai cyber goth
Favorit juga sejak kecil

Aggrotech
Metal+industrial = aggrotech
Btw suara vokalisnya mengingatkan saya pada Smeagol

My precious!

Musik non-goth yang saya suka adalah synthpop
Band yang unik, kata-kata di liriknya selalu sulit dicerna
 "And if you want to be friends with me
You know I've seen the slides
And I want to see your amalgamation under these lights"

Apparatjik

Goth itu bukan sekedar gaya, justru kalo cuma gaya-gayaan bukan goth namanya.
Goth itu panggilan dari hati. Menyukai musik, fashion & gaya hidupnya juga pakai hati, bukan terpaksa karena ingin dianggap goth.

 

Salam goth!

10 komentar:

  1. hahaa smeagol...... tapi lu demen kan?
    banyak nih yg poser, pas audisi di surabaya kami ketemu anak2 yg penampilannya goth. setelah ngobrol ngalor ngidul ternyata mereka gaya2an doank. katanya "kita pake konsep gothic yg gak mainstream. jujur kita ga tau & ga ikut aliran musik gothic, yg penting penampilan kita unik"
    musik goth aja mereka gak tau, gitu bikin band dgn konsep gothic #tepokjidat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, seru juga genre aggrotech hehehe.. gara2 baca blogmu
      jadi cuma ngikut fashionnya gitu? lha terus aliran mereka apa? wah miris. padahal ini band ya, paling enggak searching dulu lah musik goth itu gimana. nggak ngikutin boleh, tapi minimal tau

      Hapus
    2. metal hidrolik, kayak kuburan band
      ya kali mereka cuma ngerti kuburan band, kagak pernah dengerin musik goth yg asli. fufufu

      Hapus
    3. aku pikir jazz ato pop gitu. kan jauh ma goth..
      dulu aku pernah nonton di salah 1 ajang pencarian bakat di tv, ada peserta pakai kostum goth tapi nyanyi jazz. yg juri fashion juga ngritik, katanya kostum harus sesuai lagu & tema, kalo asal tampil beda malah salah kaprah

      Hapus
  2. Wah ada Hippie goth nih... :)

    Kalo demen Ordo Funebris coba iseng liat Trobar de Morte, itu project Lady Morte yang lebih aktif, denger-denger mereka baru bikin music video baru. Also check Faun, The Moon and the Nightspirit sama Corvus Corax. Mungkin juga seneng dark folk dan neo folk macem Current 93 dan Death in June, sama martial industrial macam Ordo Rosarius Equilibrio.. totally recommended !

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo..salam kenal yhudiz
      trobar de morte, faun, the moon & the nightspirit favoritku juga. oh, trobar de morte mau bikin music video baru? baru tau nih.. terakhir aku liat videonya yg summoning the gods, keren..
      corvus corax musiknya medieval tapi kurang gelap menurutku hehehe..
      death in june sejaman dengan lycia, aku juga suka dengerin itu di radio waktu kecil.
      barusan searching current 93 & ordo rosarius equilibrio, langsung suka..makasih ya untuk rekomendasinya

      Hapus
    2. Wah berarti saya yang kudet, maksutnya ya Summoning the Gods itu XD
      Current 93 itu my most most favorite.. David Tibet is the best!

      Anyway deskripsinya tentang Goth menarik, cuman ketinggalan satu.. Deathrocker.. sodara jauh Trad Goth hehehe..

      Hapus
    3. hehe.. aku kira ada yg baru lagi, kalo ada yg baru aku nggak sabar pingin nonton videonya
      current 93 emang keren banget

      makasih.. aku lupa deathrocker nya belum dimasukin hehehe.. pantesan rasanya ada yg kurang

      Hapus
    4. Wah racun nih kak lintang sama mbah yhudiz...jadi suka musik2nya hippie goth. As if my taste in music not eclectic enough x_x
      Gue dari blog wonderland nyasar kesinih >_<

      Hapus
    5. haha.. asik ada yg keracunan. makasih udah nyasar kesini

      Hapus